ENDANG, PUTRI NINGSIH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam matematika pengetahuan yang dimiliki peserta didik merupakan konstruksi dari dirinya sendiri sebagai konstruksi kognitif terhadap objek, pengalaman, maupun lingkungannya. Peserta didik harus aktif berfikir, menyusun konsep dan mamberi makna hal-hal yang sedang dipelajari. Permasalahan terjadi pada siswa-siswi di sekolah SMP N Lampung Timur. Sebagian besar peserta didik kelas VII Akurang dari Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan sekolah dan pendidik mata pelajaran matematika yaitu 65. Kendala lain yang dihadapi saat melakukan pembelajaran khususnya matematika yakni kurangnya dasar (basic) matematikanya sehingga ketika sekolah kejenjang menengah keatas terhambat. Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis di tinjau dari gaya kognitif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Peserta didik dengan model pembelajaran CTL menggunakan bahan ajar gamifikasi memiliki peningkatankemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik dari peserta didik dengan metode pembelajaran konvensional. KataKunci: CTL, Gamifikasi, Pengaruh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 02:29 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 02:29 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14670 |
Actions (login required)
View Item |