Adib, Mustofa Zaman (2021) ENGARUH MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANSI, CONFIDENCE, AND SATIFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF
Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas IX A di MTs. Ma’arif NU 5 Sekampung masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester genap tahun ajaran 2019/2020 dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (nilai ) sebanyak 2 dari 20 peserta didik. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yaitu penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII C di MTs. Ma’arif NU 5 Sekampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Anava Dua Jalan (Two Way Analysis of Variance). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Anava Dua Jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Tidak terdapat pengaruh peserta didik yang memiliki kategori motivasi belajar dengan kriteria rendah, sedang dan tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada materi bentuk aljabar. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dan kategori motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bentuk aljabar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 04:04 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 04:04 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14651 |
Actions (login required)
View Item |