Agustina, Mira (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (14MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum matematika yang diimplementasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar matematika menuntut guru untuk menguasai apa yang harus dibelajarkan serta membelajarkan peserta didik, memotivasi, menginspirasi dan memberi ruang peserta didik untuk melakukan keterampilan proses. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model problem based learning dengan teknik scaffolding terhadap hasil belajar matematika dengan tujuan ingin mengetahui (1) model problem based learning dengan teknik scaffolding memberikan hasil belajar matematika yang efektif daripada model konvensional, (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik yang memiliki motivasi tinggi, sedang, dan rendah, (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara acak kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum melakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 02:23 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 02:23 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1430 |
Actions (login required)
View Item |