BUNGA, NURWIYAN PUTRI (2021) PENERAPAN PENDEKATAN METHAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (342kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya koneksi dan komunikasi matematis diakibatkan dari hasil belajar yang rendah serta tidak efektifnya pembelajaran yang diterapkan. Mengetahui lebih jelas bahwa rendahnya hasil belajar di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung berdampak kepada koneksi dan komunikasi matematis selajutnya peneliti memberikan soal kepada peserta didik. Rendahnya kemampuan koneksi dan komunikasi didasarkan atas pendekatan pembelajaran yang diterapkan disekolah belum membuat peserta didik mengeksplorasi keinginan mereka dalam meningkatkan kompetensi secara luas tentang cara, ide, gagasan atau petunjuk dalam menyelesaikan banyak cara. Karena, pemahaman yang tinggi diharapkan dapat menumbuhkembangkan cara peserta didik mengkomunikasikan konsep yang dipahami sesuai dengan aturan dan prinsip pada pembelajaran matematika secara tepat dan benar. Tujuan penelitian ini yaitu Mengetaui (1) Perbedaan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendekatan Metaphorical Thinking dengan pendekatan pembelajaran langsung, (2) Perbedaan kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendekatan Metaphorical Thinking dengan pendekatan pembelajaran langsung, dan (3) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendekatan Metaphorical Thinking dengan pendekatan pembelajaran langsung. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dimana jenis penelitian eksperimen dengan desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Data yang digunakan adalah tes akhir dari kemampuan koneksi dan komunikasi matematis peserta didik dan dianalisis menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa Terdapat perbedaan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendekatan Metaphorical Thinking ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan komunikasi sebesar 8,35 lebih tinggi dari kemampuan koneksi matematis sebesar 6,30, untuk kelas eksperimen sebesar 8,16 lebih tinggi kelas kontrol sebesar 6,48. Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendekatan Metaphorical Thinking dengan langsung ditunjukkan dengan signifikansi 0,042 kurang dari 0,05. Selain itu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendekatan Metaphorical Thinking dengan langsung ditunjukkan dengan signifikansi 0,049 kurang dari 0,05. Kata Kunci: Pendekatan Methaphorical Thinking, Koneksi, dan Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 07:27 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 07:27 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13680 |
Actions (login required)
View Item |