ARDINA, SINTA DENI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (15MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK Oleh Ardina Sinta Deni Kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting dan dibutuhkan setiap peserta didik guna mempermudah proses pembelajaran. Berdasarkan dari pra penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 3 Gunung Agung diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah, hal ini diketahui dari hasil tes pada pra penelitian yang tergolong rendah. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Awareness Training berbantuan Ice Breaking ditinjau dari gaya kognitif dengan tujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Awareness Training berbantuan Ice Breaking terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) ada tidaknya pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, serta (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Awareness Training dan gaya kognititf terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan desain faktorial. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Gunung Agung, dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan gaya kognitif di analisis dengan menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh (1) − = 0,000 < = 0,05 sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran Awareness Training berbantuan Ice Breaking terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) − = 0,000 < = 0,05 sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) − = 0,260 < = 0,05 sehingga diterima dengan kesimpulan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Awareness Training berbantuan Ice Breaking dan gaya kognititf terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci : Awareness Training, Ice Breaking, Gaya Kognititf, Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 06:41 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 06:41 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13332 |
Actions (login required)
View Item |