DIAN, PANGESTUTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATI (APTITUDE TREATMENT INTERACTION) BERBANTUAN MEDIAQUESTION CARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan memahami konsep matematika, fakta yang diketahuinya, menjelaskan kembali konsep agar mudah dipahami. Penelitian yang di lakukan di SMP Negeri 2 Buay Madang Timur bertujuan untuk menganalisa pengaruh penerapan model pembelajaran ATI berbantuan dengan media question card terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Buay Madang Timur dengan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol. Kelompok pertama yaitu kelompok eksperimen yang akan di beri perlakuan dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) berbantuan Question Card. Kelompok kedua yaitu kelompok kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian yang dilakukan yang pertama adalah observasi untuk melihat keadaan peserta didik di sekolah tersebut, tes untuk melihat serta mengukur tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis, dan wawancara untuk mengetahui proses pembelajaran selama ini. Hasil uji anova dua jalan sel tak sama dengan menggunakan microsoft excel diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi 0,05 diperoleh hasil bahwa sehingga ditolak, sehingga ditolak dan sehingga diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Intercation) berbantuan media question card terhadap pemahaman konsep matematika. (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. (3)Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dan kategori motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika. kata kunci : ATI, pemahaman konsep, motivasi belajar, question card
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Feb 2021 03:44 |
Last Modified: | 05 Feb 2021 03:44 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13183 |
Actions (login required)
View Item |