DWI, APRIDA NISA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (11MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik MTs Guppi Babatan masih rendah. Hal ini bisa disebabkan karena proses pembelajaran yang digunakan kurang mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) diharapkan bisa memperbaiki masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Quasy Eksperiment dan desain yang digunakan adalah post-test only control. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Guppi Babatan. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan diperoleh hasil bahwa sehingga ditolak, sehingga ditolak, sehingga diterima, sehingga diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Terdapat perbedaan kemandirian belajar yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Tidak ada interaksi antara model SFAE dengan kemandirian pembelajaran peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 06:03 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 06:03 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13054 |
Actions (login required)
View Item |