FITRI, OKTARIA PIRMA (2021) PENGARUH MODEL E-LEARNING BERBANTUAN MOODLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (892kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang dimiliki seorang individu dalam memahami gagasan atau konsep matematika. Tidak hanya sekedar menghafal konsep yang telah dipelajari, tetapi bisa menjelaskan kembali dengan cara yang mudah untuk dipahami dalam suatu penyelesaian matematika. Motivasi dapat mendorong mahasiswa menjadi lebih ambisius dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan matematika. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan motivasi belajar matematis mahasiswa UIN Raden Intan Lampung masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model e-learning berbantuan moodle untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematis. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis Quasy Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Intan Lampung semester satu, dengan teknik cluster random sampling didapat sampelnya yaitu semester I kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah manova dengan menggunakan bantuan program R. Hasil uji manova yaitu diperoleh nilai sig <0,05 sehingga ditolak, artinya ada pengaruh model e-learning berbantuan moodle untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematis Kata Kunci : Model E-learning, Moodle, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 05:23 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 05:23 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12912 |
Actions (login required)
View Item |