STRATEGI MEMPERTAHANKAN PELAYANAN DAN KESETIAAN PELANGGAN PADA INDUSTRI RITEL MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengusaha Ritel Modern Sumber Alfaria Trijaya Tbk Di Lampung Timur)

PIPIT AFIFAH, AFI (2020) STRATEGI MEMPERTAHANKAN PELAYANAN DAN KESETIAAN PELANGGAN PADA INDUSTRI RITEL MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengusaha Ritel Modern Sumber Alfaria Trijaya Tbk Di Lampung Timur). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of tesis full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of TESIS BAB 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ritel modern jenis minimarket waralaba juga berdampak pada ritel tradisional dikarenakan seorang pengecer besar mempunyai kelebihan antara harga yang kompetitif, pelayanan kenyamanan dalam berbelanja serta sistem distribusi yang lebih baik. Strategi bisnis ritel Islam menghadapi pesatnya minimarket yang dilakukan peritel Islam merupakan strategi awal dalam memajukan dan memenangkan persaingan usahanya. Setiap pengusaha ritel di Lampung Timur dituntut untuk mampu memuaskan aspek pelanggan dengan menilai keinginan-keinginan, kebutuhan serta harapan pelanggan terhadap pasar. Strategi yang dilakukan diritel modern ini adanya kenyataan bahwa pelanggan yang tidak puas terhadap barang atau jasa yang telah dikonsumsinya akan mencari penuedia barang atau jasa dari perusahaan lain. Adapun masalah yang dihadapi dalam bisnis ritel modern ini strategi untuk menarik pelanggan yang digunakan pada industri ritel modern Alfamart maupun Indomart masih menggunakan sistem yang sama, dengan cara pelayanannya harus maksimal , karna harus sesuai dengan keinginan konsumen atau pelanggan, kita harus mampu bersikap ramah untuk menarik pelanggan,agar pelanggan mampu bertahan disemua industri ritel. Permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana strategi yang diterapkan dalam mempertahankan pelayanan dan kesetiaan pelanggan antar industry ritel di Lampung Timur? Dan bagimana Prespektif Ekonomi Islam tentang strategi yang diterapkan dalam mempertahankan pelayanan dan kesetiaan pelanggan pada industry ritel di Lampung Timur?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi apa yang diterapkan dan Ekonomi Islam akan melihat bagaimana seharusnya menjadikan konsumen dan pelayanan bertahan secara baik di industry ritel modern. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field research), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif.Metode Analisa yang digunakan analisis kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.Manfaat penelitian diharapkan mampu memperkaya keilmuan mengenai aktivitas usaha di dalam Ekonomi terkait dengan strategi mempertahankan pelayanan di suatu perusahaan. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh ritel modern sumber Alfaria Trijaya Tbk di Lampung Timur untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan adalah dengan cara : pemilihan lokasi yang dapat dijangkau oleh masyarakat secara strategis, promo harga dan produk, terdapat fasilitas kartu (ponta), melayani customer (pelanggan) dengan ramah tamah memberikan pelayanan yang baik terhadap customer. Adapun dari beberapa strategi yang belum sesuai dengan Ekonomi Islam seperti saat melakukan transaksi yang diminta merupakan penipuan yang dilihat dari system Ekonomi Islam tidak sesuai dengan bisnis secara Islam karena seharusnya menumbuhkan sikap jujur dan memberikan penjelasan terhadap uang yang diminta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:06
Last Modified: 20 Feb 2020 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9835

Actions (login required)

View Item View Item