UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK TUNA GRAHITA DI SDLB INSAN PRIMA BESTARI (IPB) SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

Maya Sari, Lisa (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK TUNA GRAHITA DI SDLB INSAN PRIMA BESTARI (IPB) SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LISA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru pendidikan agama Islam pada SDLB Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Kota Bandar Lampung telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat kepada peserta didik tuna grahita, namun masih ada peserta didik yang kemampuan ibadah shalat masih rendah, sehingga rumusan masalah yang diajukan adalah “Mengapa upaya guru Pendidikan Agama Islam belum berhasil dalam pembinaan ibadah shalat peserta didik tuna grahita di SDLB Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Kota Bandar Lampung”?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat Ashar di SDLB Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui faktor penyebab upaya guru Pendidikan Agama Islam belum berhasil dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat Ashar di SDLB Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik tuna grahita kelas III dan IV di SDLB Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Kota Bandar Lampung berjumlah 10 orang. Alat pengumpul data yang penulis gunakan yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam analisa data digunakan analisa kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Kesimpulan penelitian bahwa faktor penyebab upaya guru Pendidikan Agama Islam belum berhasil dalam membina ibadah shalat peserta didik tuna grahita di SDLB Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Kota Bandar Lampung karena peserta didik tuna grahita sangat hetrogen dengan berbagai macam tingkat kemampuan intelektual yang berbeda-beda dan dengan berbagai macam latar belakang orang tua dan secara mayoritas berasal dari ekonomi lemah (kurang mampu) sehingga peran orang tua dalam keluarga bergeser, karena lebih mengutamakan memenuhi nafkah keluarga dan kurang memperhatikan keberlangsungan pendidikan anak-anaknya yang perlu mendapatkan perhatian khusus serta terbatasnya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam yang hanya dua jam pelajaran dalam setiap minggunya padahal materi yang diajarkan cukup banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:51
Last Modified: 08 Aug 2017 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item View Item