KONTRIBUSI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MIN SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

FAIZALUDDIN, F (2020) KONTRIBUSI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MIN SE-KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of FAIZALUDDIN.pdf]
Preview
PDF
Download (533kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi pra penelitian pelaksanaan Supervisi Akademik yang dilakukan pengawas madrasah pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandar Lampung jarang terlaksana sempurna sesuai program pengawas. Motivasi kerja guru belum sepenuhnya baik, hal ini dapat mempengaruhi terhadap kinerja guru pada MIN se- Kota Bandar Lampung dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Besarnya kontribusi supervisi akademik pengawas madrasah terhadap kinerja guru di MIN se-Kota Bandar Lampung, 2). Besarnya kontribusi yang signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di MIN se-Kota Bandar Lampung, 3). Besarnya kontribusi yang signifikan supervisi akademik pengawas madrasah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di MIN se-Kota Bandar Lampung Penelitian termasuk penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi untuk mencari kontribusi supervisi akademik pengawas dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di MI Negeri se-Kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini kegiatan supervisi akademik dan motivasi kerja guru dianggap sebagai variabel bebas (X) dan Kinerja Guru (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi dari penelitian ini Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se-Kota Bandar Lampung sebanyak 12 madrasah. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu claster random sampling dengan menggunkan rumus slovin. Sampel diperoleh sebanyak 142 responden. Data penelitian didapatkan dengan menggunakan angket dan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan supervisi akademik pengawas terhadap kinerja guru di madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Lampung di buktikan dengan nilai Sig. stres kerja ≤ 0,05 (0,000 ˂ 0,05). Besarnya kontribusi supervisi akademik pengawas terhadap kinerja guru 19,3 %. (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Lampung di buktikan dengan nilai Sig motivasi kerja diperoleh ≤ 0,05 (0,004 ˂ 0,05), sementara kontribusi yang diberikan sebesar 18,1 % (3) terdapat kontribusi yang signifikan supervisi akademik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Lampung di buktikan dengan nilai sig 0,000˂ 0,05 artinya Ho ditolak dan (Ha diterima). Dengan nilai kontribusi sebesar 0,247 Nilai Adjusted R Square bernilai positif, variabel independen (supervisi akademik pengawas dan motivasi kerja guru) mampu menjelaskan varians dari variabel dependen sebesar 24,7%, dan sisanya sebesar 75,3% di sebabkan variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kata Kunci: Supervisi Akademik Pengawas, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:59
Last Modified: 12 Feb 2020 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9620

Actions (login required)

View Item View Item