PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MODIFIKASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 1 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Alpenli, A (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MODIFIKASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 1 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB_satu_seep_ALPE.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Melihat permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI modifikasi PBL. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik tidak mutlak disebabkan oleh model pembelajaran yang tidak cocok, tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis diantaranya adalah kemampuan awal matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI modifikasi PBL terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari kemampuan awal matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Bina Mulya Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampel jenuh dan teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan awal matematis dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data diperoleh Fa = 7417,302 > Ftabel = 4,047 sehingga H0A ditolak, Fb= 15,795 > Ftabel = 3,195 sehingga H0B ditolak, dan Fab= 0,171 < Ftabel=3,195 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:(1) terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TAI modifikasi PBL dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematis,(2) terdapat pengaruh antara peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap pemahaman konsep matematis,(3) tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan faktor kemampuan awal matematis peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:48
Last Modified: 07 Aug 2017 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item