KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. HAMKA

Hidayat, Nur (2017) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. HAMKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_1_NUR.pdf]
Preview
PDF
Download (13MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak pada masa sekarang ini sangat memprihatinkan dan terpuruk, hal ini terbukti banyak terjadinya perliku-perilaku yang melanggar asusila yang menimbulkan kekacauan bagi dirinya sendiri pribadi maupun keresahan masyarakat pada umumnya. Hal ini juga diwujudkan oleh adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern sehingga nilai-nilai akhlak terabaikan begitu saja karena kurangnya penanaman dan pengamalan pembelajaran akhlak tersebut. Budaya luar yang negatif mudah terserap tanpa ada filter yang cukup kuat. Gaya hidup modern yang tidak didasari akhlak atau budi pekerti cepat ditiru. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan akhlak bagi peserta didik menurut pemikiran Prof. Dr. Hamka. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui bagaiman konsep pendidikan akhlak bagi peserta didik menurut pemikiran Prof. Dr. Hamka dan memberikan sumbangsih karya ilmiah yang bermanfaat untuk dipersembahkan kepada para pembaca pada umumnya dan bagi penulis khususnya. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian library research atau penelitian kepustakaan yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam penulisan penelitian ini. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjung/ pendukung data sekunder). Sumber primer dalam penulisan ini adalah karya atau tulisan asli Hamka, yaitu: Lembaga Budi, Lembaga Hidup, Falsahah Hidup, Tafsir Al-Azhar, dan Pengajaran Agama Islam. Adapun sumber sekunder dalam buku penelitian ini adalah buku-buku tentang pendidikan akhlak yang relevan dengan pembahasan skripsi. Sedangkan untuk analisis nya, menggunakan Content analisys atau analisis isi, yaitu analisis isi dalam penelitian ini untuk menganalisis makna yang terkandung dalam Konsep Pendidikan Akhlak bagi Peserta Didik berdasarkan pada pemikiran Prof. Dr. Hamka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep Pendidikan Akhlak menurut pemikiran Hamka mencakup pembahasan tentang: (1) Pengertian Pendidikan Akhlak (2) Sumber Akhlak, (3) Pendidik Bagi Pendidikan Akhlak, (4) Metode dan Strategi Pendidikan Akhlak (5) Akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu dan (6) Materi Pendidikan Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:17
Last Modified: 07 Aug 2017 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item