Syafril, Syafrimen (2014) Pentingnya Kecerdasan Emosional di Kalangan Pendidik. Sinergis Kopertis Wil.III . pp. 107-119. ISSN 2354-631X
Preview |
PDF
Download (66kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kepentingan kecerdasan emosional (EQ) di kalangan pendidik. Secara spesifik penelitian ini adalah untuk melihat profil kecerdasan emosional guru-guru, dan melihat pandangan guru tentang kepentingan kecerdasan emosional dalam pendidikan. Pendekatan gabungan (explanatory mixed methods designs) dipilih sebagai metodologi penelitian. Penelitian dijalankan melalui dua fase, diawali dengan penelitian survey (Cross Sectional Survey Designs) melibatkan 30 orang guru yang mengajar di MAN dan MTsN di Bandar Lampung yang dipilih secara acak (simple random sampling), dan diteruskan dengan case study (n= 8) orang guru yang dipilih dari 30 orang guru yang dilibatkan pada fase pertama. Data fase pertama dikumpul mengunakan instrumen EQ (Malaysian Emotinal Quotient Inventory) yang disusun oleh Noriah et al 2004, dan dianalisis menggunakan SPSS Windows versi 20.0. Sedangkan data fase kedua dikumpulkan melalui indepth interview dan focus group interview dan dianalisis secara tematik berbantukan software NVivo 8. Hasil penelitian menunjukkan secara umumnya guru-guru berpandangan bahwa kecerdasan emosional sangat penting dalam pendidikan. Bagaimanapun, hasil penelitian menunjukkan profil EQ guru-guru yang diteliti hanya tinggi pada domain spritualitas dan kematangan, namun masih rendah pada lima domain-domain yang lain yang semestinya juga penting bagi guru-guru tersebut. Implikasi hasil penelitian ini didiskusikan berdasarkan teori dan hasil-hasil penelitian sebelumnya. Kata Kunci: Kecerdasan Emotional, MEQI, Pendidik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syafrimen Syafril |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 04:22 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 04:53 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/95 |
Actions (login required)
View Item |