MUTU PELAYANAN AKADEMIK DALAM MEMENUHI KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Angkoro, Nalendro Pambasmi (2017) MUTU PELAYANAN AKADEMIK DALAM MEMENUHI KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_NALENDRO.pdf] PDF
Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik. Melihat fakta di lapangan menunjukkan bahwa pelayanan akademik di Fakultas Tarbiyah sudah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa kendala seperti jaringan SIAKAD yang error, hingga kedekatan emosional yang kurang terbangun, walau demikian jumlah mahasiswa kian meningkat. apakah pelayanan tersebut sudah bermutu yang berdampak pada kepuasan mahasiswa. Untuk itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan menjawab “Bagaimanakah mutu pelayanan akademik dalam memenuhi kepuasan mahasiswa jurusan MPI” Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini bersifat lapangan, untuk mengumpulkan data yang diperlukan menggunakan metode observasi sebagai metode pokok, dan dilengkapi dengan metode interview, kuesioner, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan Akademik FTK UIN Raden Intan Lampung. Hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini diperoleh data pelaksanaan pelayanan akademik baik itu pelaksanaan dari wakil dekan bid. Akademik, kepala Subbagian, dan staf-staf subbag akademik. Penelitian ini juga tidak hanya melihat pelaksanaan tetapi juga melihat mutu dari pelayanan yang diberikan. Kepuasan mahasiswa juga tidak luput untuk diteliti agar menjadi gambaran terhadap pelaksanaan pelayanan akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah subbag akademik sudah melaksanakan pelayanan dengan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya, selain itu subbag akademik juga memiliki nilai mutu yang tinggi. hanya saja ada beberapa aspek yang belum maksimal seperti sarana ruang tunggu dan jaringan aplikasi SIAKAD yang sering bermasalah. Selain itu, dalam hal memenuhi kepuasan mahasiswa dapat dikatakan sesuai dengan kebutuhan dan mahasiswa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kata Kunci: Mutu, Pelayanan Akademik, Kepuasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Aug 2017 03:38
Last Modified: 02 Aug 2017 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item