Pendidikan Keimanan Bagi Usia Dewasa Awal Menurut Perspektif Islam

Sukaesih, Titin (2017) Pendidikan Keimanan Bagi Usia Dewasa Awal Menurut Perspektif Islam. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (136kB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
PDF
Download (138kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (307kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (284kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (333kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (198kB) | Preview

Abstract

Salah satu tugas dan tanggungjawab orang tua adalah menanamkan keimanan. Iman merupakan sesuatu yang abstrak dan letaknya dalam hati. Namun, buah iman dapat direfleksikan dalam bentuk tingkah laku pada diri seseorang yang menyatu dalam kepribadian. Kepribadian sempurna adalah kepribadian yang selaras antara iman dan amal, antara hati dan tingkah laku. Karenannya, Allah swt tidak hanya menghukumi manusia dari tingkah laku yang terlihat semata, tetapi juga apa yang tersirat dalam hatinya. Secara sadar orang tua harus membimbing dan mengarahkan pertumbuhan fitrah anak kearah titik maksimal perkembangannya. Potensi beriman dan beragama merupakan salah satu fitrah manusia sebagai anugrah dari Allah Swt. Untuk itu, inti dari proses pendewasaan anak terletak pada keimanan, yakni mengikat anak dengan dasardasar iman, mengajari dan membiasakan melaksanakan syari’at Islam. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian yaitu: Bagaimana pendidikan keimanan bagi usia dewasa awal menurut perspektif Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep pendidikan keimanan bagi usia dewasa awal menurut perspektif Islam. Agar tujuan utama tercapai, perlu diketahui hal-hal sebagai berikut: pandangan Islam terhadap pendidikan keimanan bagi usia dewasa awal, ciri-ciri perkembangan usia dewasa awal dilihat dari segi fisik, psikis, intelektual, emosi, sosial dan agama, berbagai faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian usia dewasa awal, pola pendidikan keimanan yang efektif dan sesuai untuk usia dewasa awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan tentang pendidikan usia dewasa awal dalam keluarga perspektif Islam. Sumber data yang digunakan berasal dari berbagai referensi baik buku maupun jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan keimanan pada usia dewasa awal dalam perspektif Islam yaitu membiasakan melaksanakan rukun Islam dan dasar-dasar syari’at lainnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan iman. Dalam pendidikan keimanan ini, yang ditanamkan dalam diri anak bukanlah iman yang hanya sekedar pengakuan dalam hati (tashdiq) dan pengakuan secara lisan (iqrar) semata, namun harus dibuktikan melalui amal perbuatan. Dan sebagai sebuah sistem, pendidikan keimanan ini harus memperhatikan berbagai komponennya, baik dari segi tujuan, anak didik, metode, maupun materi yang digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 07 Feb 2017 03:46
Last Modified: 07 Feb 2017 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item