PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI REMAJA DI ERA DIGITAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI WAY DADI BARU BANDAR LAMPUNG

KEMALA, CUCU (2019) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI REMAJA DI ERA DIGITAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI WAY DADI BARU BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi pdf.pdf]
Preview
PDF
Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI REMAJA DI ERA DIGITAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI WAY DADI BARU BANDAR LAMPUNG Perkembangan teknologi yang semakin maju ini sudah banyak remaja yang memiliki alat digital seperti hal nya gadget. dengan adanya hal seperti ini peran orang tua sangatlah penting dalam mengawasi anak-anak mereka dalam penggunaan gadget, Sehingga anak dapat memanfaatkan gadget dengan sebaik-baiknya. Pendidikan islam menjelaskan bahwasannya peran orang tua sangat penting dalam mengoptimalkan potensi anak di perkembangan yang semakin maju. Potensi anak tersebut terdapat 4 potensi yaitu potensi Diniyah (beragama), Potensi Hissiyah (emosional), Potensi sosial dan potensi intelektual. Berdasarkan latar belakang masalah diatas peneliti merumuskan masalah yaitu: Bagaimana Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Agama dan Sosial Remaja di Era Digital Perspektif Pendidikan Islam Di Way Dadi Baru Bandar Lampung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Remaja di Era Digital Perspektif Pendidikan Islam Di Way Dadi Baru Bandar Lampung.Untuk dapat mengumpulkan data, metode yang digunakan penulis yaitu metode kualitatif yang pendekatan hasilnya deskriptif. Adapun tekhnik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil Penelitian yang berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak di era digital perspekif pendidikan islam yang berada di lingkungan II RT 06 kelurahan way dadi baru kecamatan sukarame belum maksimal dari segi potensi agama, Karena masih banyak remaja yang belum memanfaatkan gadget dengan sebaik-baiknya. Seperti contoh dari segi potensi agama, Remaja belum memanfaatkan gadget untuk kegiatan hal-hal positif keagamaan seperti mendengarkan tilawah Qur’an, membaca Al-Qur’an dan mencari pengetahuan agama yang mereka belum paham atau mereka ketahui. sedangkan dari segi potensi sosial sudah maksimal, karena remaja sudah banyak yang memanfaatkan gadget untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga dengan menggunakan aplikasi media sosial seperti whatshap, facebook dan instagram. Kata Kunci : Orang Tua, Potensi Anak, Era Digital, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:58
Last Modified: 30 Dec 2019 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item