PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD SEKAR WANGI KEDATON BANDAR LAMPUNG

Ratnasari, Septia (2017) PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD SEKAR WANGI KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SEPTIA.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional adalah salah satu perkembangan yang harus ditangani secara khusus, karena perkembangan sosial emosional anak harus dibina pada masa kanak-kanak awal atau biasa disebut masa pembentukan. Disinilah peranan seorang guru sangat diharapkan, seorang guru hendaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak sejak usia dini. Metode bercerita merupakan salah satu metode mengajar, yaitu suatu strategi belajar mengajar yang dilaksanakan di dalam kelas ataupun di luar kelas. Metode ini dilaksanakan karena obyek yang akan dipelajari menggunakan buku cerita. Penelitian ini bertempat di Pendidikan Anak Usia Dini Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Bagaimanakah Penerapan Metode Bercerita terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung”. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bercerita yang dilakukan guru dalam mengembangkan sosial emosional anak. Subjek penelitian adalah 2 orang guru dan 27 anak didik, sedangkan objek penelitiannya adalah peranan guru dalam mengembangkan sosial emosional anak melalui metode bercerita. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional anak belum dapat berkembang secara optimal. Adapun indikator perkembangannya yaitu mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada, mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat, memahami peraturan dan disiplin. Poin indikatornya yaitu mengendalikan emosi dengan cara yang wajar, memberi dan membalas salam, mentaati aturan permainan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:46
Last Modified: 27 Jul 2017 01:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item