Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Dinniyah Putri

Astuti, Dwi (2017) Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Dinniyah Putri. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (62kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (67kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (59kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perencanaan renstra yang baik akan meningkatkan mutu pendidik yang baik pula. Akan tetapi perencanaan yang baik terkadang tidak diimbangi dengan pelaksanaan yang baik pula. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul “Implementasi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Mutu Pendidik di MA Diniyyah Putri Lampung”. Penelitian ini bertempat di MA Diniyyah Putri Lampung . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi perancanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidik di M A Diniyyah Putri Lampung ?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi perancanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidik . Untuk menjawab masalah penelitian maka digunakan jenis penelitian lapangan . Teknik pengumpulan data dalam peneliti an ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan pengujian keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan teknik penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu implementasi perencanaan strategis di MA Diniyyah Putri Lampung sudah bagus meliputi Implementasi perencanaan strategis di MA Diniyyah Putri Lampung Pada langkah perencanaan renstra, kepala madrasah melakukan bebe rapa langkah yaitu perencanaan renstra, pelaksanaan resntra, dan evaluasi renstra. Kepala madrasah melakukan beberapa langkah perencanaan yaitu membentuk tim khusus sebagai pemrakarsa pembuatan renstra dari berbagai sumber daya yang mumpuni, membagi kelomp ok dengan tugas masing - masing ; mengidentifikasi dan mengkaji berbagai peraturan perundang - undangan dan kebijakan madrasah tentang peningkatan mutu pendidik ; menciptakan visi, misi, dan nilai - nilai madrasah; menganalisis SWOT dengan mengidentifikasi kelebih an, kelemahan, kekuatan, dan ancaman yang terdapat di MA Diniyyah Putri sesuai dengan kondisi sesungguhnya yang ada di madrasah. Kegiatan ini dibantu oleh tim yang dibentuk; mengidentifikasi isu strategis yang dihadapi. Pada langkah ini isu strategis belum dianalisis sesuai dengan tingkat urgen; merumuskan strategi untuk mengelola isu dengan melakukan perumusan terhadap program dan kegiatan yang direncanakan untuk menangani isu strategis; serta mereview dan mengadopsi strategi yang telah ditetapkan dalam re nstra. Pelaksanaan renstra di MA Diniyyah Putri Lampung meliputi beberapa tindakan seperti persiapan pelaksanaan kegiatan dengan mengadakan rapat untuk menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan dan sasaran utama kegiatan serta penanggung jawab kegiatan da n anggotanya . Dalam pemilihan sasaran seperti pelatihan, kepala madrasah melakukannya secara acak. Selama pelaksanaan, kepala madrasah memastikan komunikasi anggota dengan baik. Selain itu kepala madrasah bersama yayasan juga mengontrol pelaksanaan kegiata n. Evaluasi renstra diadakan secara berkala . Evaluasi pada rapat awal tahun, membahas program dan kegiatan yang akan dilakukan selama setahun kedepan, penyusunan perencanaan jadwal kegiatan dan penanggung jawab kegiatan. Pada akhir semester rapat membahas program yang telah dilaksanakan, kendala yang terjadi selama kegiatan, dan program/kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan pada tahun tersebut serta yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya. Evaluasi pada saat dan setelah kegiatan berlangsung dengan men gawasi guru selama mengajar dan melakukan administrasi di kantor. Evaluasi rapat setelah kegiatan dilaksanakan membahas pertanggung jawaban ketua kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 06 Feb 2017 07:54
Last Modified: 06 Feb 2017 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item