EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DI TK TUNAS HARAPAN DESA PAGAR IMAN KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG

Alvisari, Deska (2017) EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DI TK TUNAS HARAPAN DESA PAGAR IMAN KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_DESKA_ALVISARI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kognitif anak dilakukan dengan permainan tradisional congkalk dengan tujuan untuk mengenalkan konsep bilangan dan meningkatkan kemapuan berhitung anak pedidik melalui bermain congklak. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Dalam Mengembangkan Kognitif Anak di TK Tunas Harapan Pagar Iman Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan?”, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Dalam Mengembangkan Kognitif Anak di TK Tunas harapan Pagar Iman Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan. penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah siswa dan guru. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai efektivitas permainan tradisional congklak dalam mengembangkan kognitif anak di TK Tunas Harpan Pagar Iman sudah berkembang dengan optimal. Karena sebelum melaksanakan kegiatan bermain congklak guru mengenalkan alat permainan tradisional congklak, menjelaskan jalannya permainan tradisional congklak. Dan hal yang pertama kali guru lakukan sebelum bermain congklak adalah guru meminta anak untk menyiapkan papan congklak, mengmbil biji congklak, mengisi lobang congkalak, memberi peraturan, memilih pasangan, dan melakukan undian sebelum bermain. Kegiatan setelah bermain guru meminta anak untuk menghitung biji congklak yang didapatkan, mengurutkan banyak dan sedikit, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, dan menggunkan lambang bilangan untuk menghitung. Dengan hal ini dapat merangsang dan mengembangkan kognitif anak yang optimal, efektif dan efesien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Jul 2017 02:45
Last Modified: 21 Jul 2017 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item