ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 PADANGRATU LAMPUNG TENGAH

Rahma, Siti (2017) ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 PADANGRATU LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB_1_-_5_Siti_Rahma_(1211050169).pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dan mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan prapenelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran Socrates kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa SMP Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah kelas VII-F dengan cara purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah lima orang dari masing-masing tingkatan kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah tergolong ke dalam kategori cukup. Hal ini terlihat dari rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-F sebesar 65,43 dan kemampuan berpikir kritis yang lebih dominan adalah siswa dengan kategori cukup dengan presentase 46,4% dari 28 siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis cukup, mengerjakan soal dengan baik dalam indikator memberikan penjelasan sederhana, sangat baik dalam indikator membangun keterampilan dasar, kurang dalam indikator menyimpulkan, baik dalam indikator membuat penjelasan lebih lanjut, dan cukup dalam indikator strategi dan taktik. Secara umum siswa yang aktif saat pembelajaran dengan pembelajaran Socrates kontekstual menunjukkan hasil yang cenderung lebih baik daripada siswa yang kurang aktif saat pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:32
Last Modified: 20 Jul 2017 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item