Implementasi Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Al Khairiyah - Kaliawi Bandar Lampung

Yuliana, Lilis (2017) Implementasi Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Al Khairiyah - Kaliawi Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 01._COVER_TESIS,_pengesahan,_daftar_isi,_dll.pdf]
Preview
PDF
Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 09._BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 13._BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 14._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (81kB) | Preview

Abstract

Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu suatu proses pembelajaran yang memperhatikan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa dengan pembelajaran, dan berusaha menghubungkan muatan akademis dengan konteks kehidupan sehari- hari. Hasil belajar siswa MTs Al Khairiyah Kaliawi-Tanjung Karang Pusat pada mata pelajaran Fikih Tahun Pelajaran 2015/2016 masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar siswa tentu dipengaruhi berbagai faktor terutama siswa merasa kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan pembelajaran dengan Ibadah sehari- hari dikarenakan dalam proses pembelajaran guru lebih dominan menggunakan pendekatan tekstual/ ceramah berdasarkan buku pegangan/ buku paket saja. Sedangkan Mata pelajaran Fikih memiliki karakteristik menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan mu’amalah yang benar dan baik. Dan bertujuan untuk mengantarkan peserta didik dapat memahami pokok- pokok hukum Islam dan tatacara pelaksanaannya untuk diaplikasikan dalam kehidupan, sehingga menjadi muslim yang selalu taat menjalankan syariat Islam secara kaffah(sempurna). Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana Implementasi Contextual Teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Fikih di MTs Al Khairiyah Kaliawi-Tanjung Karang Pusat? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Implementasi Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Al Khairiyah Kaliawi-Tanjung Karang Pusat dan sudah sesui dengan azas- azas Contextual Teaching and Learning (CTL) . Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Langkah- langkah pengolahan data mencakup: reduksi data, display data dan verifikasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanan pembelajaran di MTs Al Khairiyah Kaliawi-Tanjung Karang Pusat belum terlaksana dengan baik, terbukti dengan tidak maksimalnya guru menggunakan tujuh komponen utama pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan pembelajaran belum bersifat holistik, cenderung tidak menyentuh ranah afektif, padahal dalam pembelajaran Fikih aspek tersebut diyakini sangat penting, menurut konteks yang ada dalam pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ketiga ranah dapat tersentuh oleh guru dalam setiap proses pembelajaran untuk memberikan penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:20
Last Modified: 20 Jul 2017 02:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item