UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB SEKOLAH DI MTS AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG

Pratama, Mario (2017) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB SEKOLAH DI MTS AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_MARIO.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembinaan tata tertib kepada peserta didik sangat penting untuk menciptakan kedisiplinan dalam proses belajar mengajar. Sikap kedisiplinan ini diharapkan bukan hanya bagi peserta didik tetapi juga bagi orang lain dan nantinya menjadi bekal dalam menjalani kehidupan. Salah satu tugas guru pendidikan akhlak di lingkungan sekolah adalah mendidik anak agar berbudi pekerti atau akhlak yang mulia. Dalam konteks pembinaan akhlak, pemberian perhatian kepada peserta didik sebagai salah satu bentuk tugas guru akhlak di sekolah yang harus dijalankan terus menerus. Pembiasaan dan pengawasan dalam penerapan tata tertib sekolah perlu diberikan oleh guru akidah akhlak, sebab dengan pembiasaan dan pengawasan itu peserta didik akan dapat terlatih untuk menaati peraturan sekolah dan tidak melanggar tata tertib tersebut, selain itu guru akidah akhlak juga harus berani memberikan hukuman jika terdapat peserta didik yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan sekolah agar mereka jera dan tidak mengulangi lagi. Namun peran guru akidah akhlak dalam melaksanakan tata tertib sekolah belum sepenuhnya berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah seluruh peserta didik kelas VIII yang ada 28 orang terlihat ada 13 diantaranya masih melanggar tata tertib sekolah. Oleh karena itu dapat diindikasikan masih banyak peserta didik yang melanggar tata tertib. Kondisi inilah yang melatar belakangi rumusan masalah sebagai berikut: “Bagaimana Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah di MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung?”. Penelitian ini bersifat lapangan, dimana untuk mengumpulkan data yang diperlukan menggunakan metode interview sebagai metode pokok dan dilengkapi oleh metode observasi dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing atau verification. Kesimpulan penelitian yaitu Peranan guru dalam mengantisipasi pelanggaran tata tertib sekolah di MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung adalah bersikap empatik dan terbuka, berkomunikasi, menunjukkan secara tepat perilaku yang salah, membantu siswa, bersikap dewasa, melaksanakan peraturan, meniciptakan lingkungan yang kondusif dan bersikap tegas. Sedangkan Faktor penyebab peranan belum berdampak positif dalam mengantisipasi pelanggaran tata tertib sekolah di MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung yaitu pengaruh pergaulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:27
Last Modified: 18 Jul 2017 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item