Mida Hayati, Rina (2017) Implementasi Supervisi Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Wali Songo Sukajadi Kec. Bumi Ratu Nuban Kab. Lampung Tengah. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (81kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (343kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (50kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (88kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (426kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (114kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (394kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (56kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (75kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kepala madrasah sebagai pemimpin dan juga supervisor pendidikan pada unit kerja madrasah pada dasarnya berperan membantu dan membimbing guru memahami. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang akan dicapai, proses mempengaruhi, mendorong, membimbing dan menggerakkan para guru dan karyawan dilakukan oleh kepala madrasah. Namun dalam implementasinya seringkali kepala madrasah menghadapi kegagalan. Untuk itu penulis berusaha mengkaji dan menganalisis fenomena yang terjadi di MTs Wali Songo Sukajadi Kec. Bumiratu Nuban Kab. Lampung Tengah. Dalam penelitian ini peulis merumuskan sebagai berikut : bagaimanakah implementasi supervisi kepala madrasah dalammeningkatkan kinerja guru? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru yang meliputi tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dalam penelitian ini, penulis mengambil lokasi di MTs Wali Songo Sukajadi. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan berguna bagi peningkatan ilmu pembelajaran dalam hal supervisi dikalangan kepala madrasah, guru , karyawan di MTs Wali Songo Sukajadi. Sekaligus jadi bahan masukan untuk memperkaya khazanah dunia pendidikan , serta sebagai pelengkap dalam menyelesaikan Program Pascasarjana IAIN Radin Intan Lampung. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis secara kualitatif, maka data diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dapat diperoleh : Kepala madrasah sudah melaksanakan program supervisi dengan baik mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. implementasi supervisi yang dilaksanakan sudah memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan kinerja guru.Implementasi supervisi yang dilaksanakan sudah banyak membantu para guru untuk meningkatkan kinerja , namun terdapat beberapa guru yang masih belum melengkapi perangkat pembelajaran dan menggunakan metode yang kurang variatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 06 Feb 2017 08:17 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 08:17 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/75 |
Actions (login required)
View Item |