PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAIMIN

Oktavia, Reysa (2017) PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAIMIN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_TTTTTT.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum yang digunakan pada berbagai lembaga pendidikan Islam masih bercorak dikotomis antara ilmu agama dan ilmu umum. Orientasi pengajaran masih bertumpu pada penguasaan materi melalui sistem hafalan yang serba verbalistik. Yakni mampu mengucap tapi tidak mengerti maksud tujuannya, apalagi mengamalkannya. Dalam kenyataan nya pendidikan Islam belum mampu menanamkan nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik yang menimbulkan dekadansi moral dikalangan pelajar. melalui pemikiran Muhaimin diharapkan mampu membawa pelaksanaan pendidikan Islam kearah yang lebih baik, yaitu dengan adanya pembaharuan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembaharuan pendidikan Islam menurut Muhaimin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis tentang Pembaharuan pendidikan Islam menurut Muhaimin. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kepustakaan, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah deskriptif kualitatif dan dalam menganalisisnya menggunakan analisis ini (content analysis). Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan gagasan Muhaimin tentang karyanya atau ilmuan lain yang mengupasnya, agar memperoleh gambaran yang utuh. Setelah itu, akan dibahas pembaharuan pendidikan Islam menurut tokoh tersebut dan selanjutnya berusaha melakukan kritik terhadap pemikiran pembaharuan Pendidikan Islam tersebut. Hasil dari penelitian ini antara lain adalah bahwa pembaharuan pendidikan Islam melalui pengembangan kurikulum PAI menurut Muhaimin adalah dengan mengembangkan kurikulum itu sendiri. Ide-ide pengembangannya diawali dari problem-problem yang terjadi di lingkungan sekitar peserta didik yang kemudian dimasukkan ke dalam materi PAI. Selanjutnya, pengembangan kualitas guru PAI dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi Personal-religius, sosial-religius, pedagogik-religius, dan profesional-religius. Menguliahkan guru PAI ke jenjang yang lebih tinggi disertai dengan memaksimalkan berbagai wadah yang telah ada merupakan langkah yang tepat dalam mengembangkan kualitasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Jun 2017 07:05
Last Modified: 20 Jun 2017 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item