Mirantika, Dini (2017) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI SENI TARI BEDANA DI TAMAN KANAK-KANAK MELATI PUSPA TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Anak usia dini mengalami pertumbuhan dan perkembangan, terutama pertumbuhan jasmani yang sangat pesat. Kegiatan fisik dan pelepasan energi dalam jumlah besar merupakan karakteristik aktivitas anak pada masa ini. Oleh sebab itu anak memerlukan penyaluran aktifitas fisik. Gerakan tari bedana merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memberdayakan kemampuan motorik kasar anak. Hasil observasi yang dilakukan di TK Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung menunjukan bahwa perkembangan peserta didik pada kegiatan berlari, mengayun dan berjingkat masih terdapat beberapa anak yang kesulitan melakukan nya. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang penulis ajukan adalah “Bagaimanakah Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Seni Tari Bedana di TK Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung”?. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah mengembangakan kemampuan motorik kasar anak khususnya dalam keterampilan berlari, mengayun dan berjingkat di TK Melati Puspa Tanjung Senang B.Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata atau kalimat, dengan subjek penelitian adalah anak kelas B1 yang berjumlah 16 anak. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana kegiatan tari bedana dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data analisis secara reduksi data, display data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar anak dapat ditingkatkan dengan gerak tari bedana. Ternyata didapati bahwa kemampuan motorik kasar anak berkembang lebih optimal jika anak tidak hanya di melakukan senam saja melainkan harus diselingi dengan kegiatan menari. Setelah di lakukan kegiatan menari bedana serta dengan mengajarkan maka anak terlihat lebih antusias melakukan kegiatan fisik. Kata Kunci : Perkembangan Motorik Kasar, Tari Bedana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 03:16 |
Last Modified: | 20 Jun 2017 03:16 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/744 |
Actions (login required)
View Item |