PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUKAN MEDIA PERMAINAN SQUARE UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP N 28 BANDAR LAMPUNG

Astuti, Silvia Sri (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUKAN MEDIA PERMAINAN SQUARE UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP N 28 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berbantukan media permainan square dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik SMPN 28 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Metode penelitian menggunakan Quasy Eksperiment dengan desain penelitian Posttest Control Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan secara cluster random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t independent dengan uji syarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, rata-rata nilai posttest Keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 85,03 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 76,66. Rata-rata nilai motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 82,72. Pada kelas kontrol rata-rata nilai motivasi belajar sebesar 77,84. Data hasil kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji prasayat uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari distribusi normal dan bersifat homogen. Berdasarkan analisis uji hipotesis pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berbantukan media permainan square dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis thitung = 3,77 > ttabel(0,05) = 1,997 dengan db 66, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berbantukan media permainan square dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 28 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Sedangkan pada uji hipotesis motivasi belajar didapatkan hasil thitung = 3,12 sedangkan ttabel (0,05) = 1,997 dengan db 66. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berbantukan media permainan square dalam memberdayakan motivasi belajar belajar peserta didik SMPN 28 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Problem Solving, Media Permainan Square, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jun 2017 03:05
Last Modified: 16 Jun 2017 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item