PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MIS Masyariqul Anwar (MMA) IV Sukabumi Bandar Lampung

Arisca, Mona (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MIS Masyariqul Anwar (MMA) IV Sukabumi Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah berdasarkan nilai hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang belum berjalan dengan baik, maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Secara umum penerapan model pembelajaran inkuiri bertujuan agara peroses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas dapat merangsang aktivitas, inovasi dan kreativitas belajar peserta didik serta dilaksanakannya lebih efektif dan menyenangkan, sehingga diharapkan hasil dari prestasi peserta didik berkualitas. Sedangkan rumusan masalah Apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil berlajar Aqidah Akhlak (Materi Beriman Kepada Hari Akhir(kiamat) pada peserta didik kelas V di MIS Masyariqul Anwar (MMA) IV Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak II siklus, tiap siklus terdiri dari: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas secara umum dianalisis melalui deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil beberapa sumber, dengan teknik pengumpulan data dan dilakukan secara terusmenerus sampai datanya jenuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data utamanya adalah metode dokumentasi dan metode tes. Dari hasil penelitian penerapan pendekatan konstruktivisme (didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari) dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri pada pelajaran Aqidah Akhlak (Materi Beriman Kepada Hari Akhir(kiamat) yang sudah berjalan dengan baik, hasil dari test, menghasilkan hasil belajar pada siklus I peserta didik yang tuntas Pada siklus I, dilihat dari rata-rata hasil post test peserta didik adalah 71,48, terdapat peserta didik yang mencapai ketuntasan 22 peserta didik dengan persentase 81,48%, sedangkan peserta didik yang belum mencapai ketuntasan 5 peserta didik dengan persentase 18,51%, Pada siklus II, dilihat dari rata-rata hasil post test peserta didik adalah 78,51 terdapat peserta didik yang mencapai ketuntasan 25 peserta didik dengan persentase 92,59%, sedangkan peserta didik yang belum mencapai ketuntasan 2 peserta didik dengan persentase 7,40%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Jun 2017 02:06
Last Modified: 14 Jun 2017 02:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item