KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

FAJRINA, HASYYATI NUR (2019) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Pascasarjana Magister.

[thumbnail of TESIS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan adalah upaya mempengaruhi banyak orang melalui komunikasi untuk mencapai tujuan. Kepala sekolah dituntut memiliki keterampilan yang handal untuk mampu mempengaruhi bawahan, memberikan bimbingan serta arahan yang dapat dijadikan dasar, strategi, atau program aktivitas sekolah melalui langkah-langkah systematis sangat menentukan efektifitas sekolah, memotivasi dan mem berikan dukungannya kepada bawahan. Berdasarkan Pra Survei terlihat Kepala sekolah telah berusaha melaksanakan tugasnya, Memberikan bantuan, serta dukungan motivasi kepada guru yang memiliki kendala dan kesulitan dalam melaksanakan tugas. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pemilihan metode ini akan mempermudah dalam memahami paparan data yang telah dijelaskan karena tersusun secara akurat dan sistematis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Setelah itu data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil atau temuan yang dapat di paparkan pada penelitian ini yakni beberapa strategi kepala sekolah yang digunakan untuk mencapai sebuah target yang telah ditetapkan bersama oleh semua komponen sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah sangat berwibawa dan mempunyai sifat karisma yang baik, dalam mempengaruhi mampu memberikan contoh yang baik kepada bawahan. Bimbingan yang telah di buat oleh kepala SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung dalam upaya meningkatkan kinerja professional pendidik dengan cara mengoptimalkan peran kepala sekolah sebagai pemimpin yang meliputi: Sebagai pendidik (Educator), Sebagai manager, Sebagai supervisor. Memotivasi pendidik untuk meningkatkan karir dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan memberikan reward kepada guru yang berprestasi, serta memberikan dukungan dengan menganjurkan guru untuk ikut serta dalam berbagai forum pendidik seperti KKG, pelatihan, workshop, lokakarya, dan seminar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kepala sekolah bertindak dengan sikap suportif dalam melakukan kegiatan mempengaruhi, memberikan bimbingan kepada bawahan dengan cara mengikutsertakan guru/karyawan dalam beberapa pelatihan atau workshop, serta penghargaan yang diberikan kepala sekolah untuk guru/karyawan yang berprestasi, kepala sekolah berusaha memberikan motivasi, serta dukungan dan kepercayaan kepada bawahan. Akan tetapi masih terlihat kurang maksimal dalam perihal memberikan bimbingan serta arahan yang lebih kepada bawahannya. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 11 Jul 2019 02:13
Last Modified: 11 Jul 2019 02:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7156

Actions (login required)

View Item View Item