EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT SERTA IMPLIKASINYA PADA MADRASAH DI INDONESIA

Mulyanto, Tri (2017) EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT SERTA IMPLIKASINYA PADA MADRASAH DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Epistemologi adalah salah satu cabang filsafat yang membahas tentang ilmu pengetahuan secara menyeluruh dan mendasar yang bermanfaat untuk mengetahui ilmu pengetahuan itu sendiri atau yang menjadi pokok permasalahan yang akan dibahas dalam suatu bidang keilmuan. Saat ini masih nampak perbedaan yang sangat jauh antara kualitas pendidikan Barat dan Islam tak terkecuali pendidikan pada madrasah di Indonesia, maka tinjauan kembali atas epistemologi keduanya menjadi sangat penting untuk mencari solusi atas problematika pendidikan tersebut. Berdasarkan uraian diatas dapat dirumuskan bahwa penelitian ini ingin mengetahui tentang “Bagaimana Epistemologi Pendidikan Islam dan Barat Serta Implikasinya Pada Madrasah di Indonesia”. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang khususnya mengkaji epistemologi pendidikan Islam dan Barat. Dalam usaha mengumpulkan data penulis menggunakan sumber-sumber baik primer maupun sekunder berupa: buku, surat kabar, internet dan lain-lain, untuk kemudian dilanjutkan pengolahan data dengan jalan mengelompokanya sesuai dengan bidang pokok-pokok bahasan masing-masing sehingga pembahasan yang akan dikaji tersusun secara sistematis. Dalam pengolahan data peneliti menggunakan Metode analisis isi (Content Analysis) dan berfikir deduktif. Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat perbedaan epistemologi antara Pendidikan Islam dan Barat. Pendidikan Islam dipandang sebagai proses bimbingan jasmani-rohani berdasarkan ajaran agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam. Sedangkan pendidikan Barat berlandaskan pada spekulasi filosof yang digunakan untuk mengembangkan dan membangun pengetahuan dalam mencapai tujuan hidup. Perbedaan keduanya juga dapat dilihat pendidikan Islam berlandaskan pada al-Qur’an, al-Hadits serta Ijtihad sedangkan Barat berlandaskan rasio dan kekuatan akal. Pengaruh negatif peradaban Barat tersebut berimplikasi negatif terhadap madrasah di Indonesia yang menyebabkan baik output maupun proses pendidikan kurang berkualitas yakni diantaranya: masalah ketidakseimbangan daya tampung, masalah pemerataan pendidikan, masalah mutu, masalah kualitas dan kuantitas guru, masalah pembiayaan pendidikan, masalah relevansi pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Jun 2017 03:39
Last Modified: 12 Jun 2017 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item