PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS IX D DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Setiawan, Edi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS IX D DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pendidikan berkarakter dan tujuan pendiidkan nasioanal ini mendorong peneliti untuk membuat sebuh pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak dalam diri peserta didik. Selain itu hal yang mendorong peneliti untuk melaksananakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah ingin menemukan pembelajaran yang meninggalkan kesan di hati peserta didik dalam setiap proses pembelajaran, karena materi akidah akhlak yang dijadikan materi pembelajaran adalah iamn kepada qadha dan qadar. Pada pembelajaran yang sudah dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak kelas IX D, dapat dikatakan belum berhasil jika siswa yang belum mencapai KKM mencapai 27 orang dari 40 siswa atau 67,5%. Siswa yang sudah mencapai KKM ada 13 orang atau 32,5%. Hal ini memerlukan sebuah jalan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi ternyata masalah berada di penggunaan model pembelajaran yang belum cukup menarik perhatian siswa. Berdasarkan uraian latar belakang masalah maka selanjutnya peneliti merumuskan masalah sebagai berikut “apakah penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak di MTs Negeri 2 Bandar Lampung?”. Berdasarkan rumusan masalah maka dapat dirumuskan hipotesis tindakan penelitian bahwa dengan menerapakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak Kelas IX D di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian tindakan kelas ini (PTK) menggunakan dua siklus, satu siklus diisi dengan satu kali pertemuan. Peneliti menggunakan alat pengumpul data berupa tes dan observasi. Dari analisis data diketahui bahwa ketuntasan siswa pada siklus I mencapai 72, 5% dan siklus II mencapai 92, 5% dengan selisih kenaikan sebesar 20% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 37. Maka pada siklus ke II sudah mencapai kriteria keberhasilan jadi dalam penelitian ini, peneliti tidak merencanakan tindakan selanjutnya dan dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Jun 2017 03:15
Last Modified: 12 Jun 2017 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item