PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 SUMBERBNDUNG PRINGSEWU

Hasanah, Uswatun (2017) PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 SUMBERBNDUNG PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupannya agar mengembangkan potensi yang dimiliki menjadi lebih baik. Problema adalah hal yang belum dipecahkan dan yang menimbulakan masalah dan perlu dipecahkan. Dalam proses pelaksanaanya, pembelajaran bukanlah suatu aktifitas yang berdiri sendiri, banyak faktor lain yang berkesinambung yang ikut terlibat langsung di dalamnya, oleh karena itu pembelajaran sering kali tidak selalu berjalan dengan baik dan lancar dan tidak pernah terlepas dari berbagai problematika dalam pelaksanaan dan pencapaiannya. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik, namun kenyataan di lapangan hasil belajar peserta didik masih rendah, oleh sebab itu penulis mengajukan rumusan masalah “Problematika apa saja yang dihadapi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Sumberbandung Pringsewu?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi problematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 01 Sumberbandung pringsewu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data yang diperlukan, penelitian ini menggunakan metode interview sebagai metode pokok, kemudian metode observasi, dan dokumentasi sebagai metode pendukung, sedangkan metode analisa data penulis gunakan secara induktif dimana hal-hal yang bersifat khusus ditarik kesimpulan kehal-hal yang bersifat umum. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam ditemukan permasalahan pada guru dan peserta didik itu sendiri, guru yang masih kurang memiliki wawasan, padahal guru sebagai tranformator ilmu, masalahnya seorang guru menggunakan metode yang monoton sehingga peserta didik tidak berkembang dan kurang kreatif. Dari peserta didik itu sendiri peserta didik lemahnya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung sehingga peserta didik malas untuk belajar pendidikan agama Islam. Kata kunci: Problematika dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Jun 2017 03:07
Last Modified: 12 Jun 2017 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item