IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SEMAKA KABUPATEN TANGGAMUS

TRIAS ANDIKA MS, tri (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SEMAKA KABUPATEN TANGGAMUS. Masters thesis, Pascasarjana Magister.

[thumbnail of Tesis Full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah perlu memiliki manajemen pengelolaan yang baik sehingga proses dan hasil belajar berjalan optimal. Manajemen pembelajaran erat kaitannya dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, pengorganisasian, evaluasi dan pengawasan. Jika perencanaan pembelajaran baik maka proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dapat berlangsung secara terarah dan sistematis. Sebab sekolah merupakan tempat pengembangan ilmu pengetahuan, kecakapan, keterampilan, nilai dan sikap, yang diberikan secara lengkap kepada peserta didik untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan agar bermanfaat bagi masa depan bangsa. Penelitian tesis ini dilakukan di SMP Negeri 2 Semaka kabupaten Tanggamus dengan masalah tentang implementasi manajemen pembelajaran PAI, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan penilaian hasil belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana implementasi manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Semaka? Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Semaka serta mengkonstruksi metode pembelajaran di kelas. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analsis data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang telah didapat dari lapangan ke dalam bentuk narasi sehingga mengambarkan realitasyang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan aplikasi dari aspek manajemen yang terdiri dari perencanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru PAI sebelumnya. Pertama, dari segi proses perencanaan sudah cukup baik. Dari aspek pelaksanaannya sudah berjalan sesuai harapan kepala sekolah dan guru PAI. Evaluasi dilakukan secara berkala setiap bulan untuk menilai proses perencaan dan pelaksanaan yang telah dilakukan. Kedua, implementasi manajemen pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Semaka dilakukan dengan menempuh metode dan strategi beragam seperti metode ceramah, metode diskusi, padahal dalam silabus dan RPP disebutkan bahwa penggunaan metode pembelajaran PAI terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, inquiry, demonstrasi, eksperimen. Ini berdampak pada daya ingat siswa mengenai implementasi pembelajaran PAI sangat lemah dan menimbulkan kebosanan dalam menerima materi pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 27 Jun 2019 01:37
Last Modified: 27 Jun 2019 01:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6792

Actions (login required)

View Item View Item