PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN DI TPA AT-TAQWA KORPRI JAYA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Sari, Desi Nur Indah (2017) PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN DI TPA AT-TAQWA KORPRI JAYA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_Q.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode dalam pembelajaran sangat penting, karena metode adalah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud yang diinginkan. Dalam pembelajaran Al-Qur`an ada beberapa metode yang digunakan. Pada TPA At-Taqwa pembelajaran Al-Qur`an mengggunakan metode Al-Barqy karena metode Al-Baqry lebih dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an santri dengan waktu yang relative singkat. Adapun tujuan Penelitian ini adalah: untuk mengetahui proses penerapan metode Al-Barqy dalam pengajaran membaca Al-Qur`an di TPA At-Taqwa korpri Jaya Sukarame Bandar Lampung dan untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat kemampuan membaca Al-Qur`an. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif, dimana untuk mengumpulkan data yang diperlukan digunakan metode observasi sebagai metode pokok yang dilengkapi dengan metode interview dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode Al-Barqy dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an di TPA At-Taqwa Korpri Jaya Sukarame Bandar Lampung yang dilakukan dengan cara setiap santri diberi kesempatan untuk menghadap ustad/ustadzah secara bergiliran setelah menyelesaikan tugas membacanya atau mengulang bacaannya. Dalam proses pembelajaran metode Al-Barqy ustad/ustadzah memberikan bimbingan dengan kesabaran yang tinggi dan memberikan motivasi serta saran-saran yang harus diikuti oleh santri juga seluruh santri.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 May 2017 06:22
Last Modified: 30 May 2017 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item