PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK

Aulia, Novitasari and Bambang, Sri Anggoro and Rezsa, Balga (2019) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK. BIOSFER, 10 (02). ISSN 25804960 (Submitted)

[thumbnail of abstrak penelitian mandiri aulia.docx] HTML
Download (20kB)

Abstract

Abstrak Kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk dimiliki, karena memungkinkan peserta didik memiliki banyak alternatif untuk menyelesaikan persoalan, mampu mengajukan pertanyaan, dan gagasan yang beragam, namun berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih rendah, hal tersebut disebabkan model pembelajaran yang digunakan kurang merangsang siswa mengkonstruk kemampuan berpikirnya, siswa kurang diberi kesempatan untuk mengeluarkan pendapat yang berdampak pada sikap kreatif peserta didik juga rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, dengan rancangan eksperimen dalam penelitian adalah “the matching pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang berjumlah 183 peserta didik, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak kelas diperoleh peserta didik kelas XI MIA 5 yang berjumlah 31 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model Inkuiri Terbimbing dan XI MIA 6 yang berjumlah 30 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan model STAD. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain kategori tinggi tinggi 9,67%, kategori sedang 83,87% dan kategori rendah 6,45%, sedangkan pada kelas kontrol nilai N-Gain kategori tinggi 3,33%, kategori sedang 86,67%, dan kategori rendah 10,00%. Sikap kreatif kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain kategori tinggi 6,45%, kategori sedang 87,09%, dan kategori rendah 6,45%, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai n-gain kategori rendah 3,33%, kategori sedang 73,33%, dan kategori rendah 23,33%. Hasil uji hipotesis kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif menunjukkan H1 diterima Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05) artinya pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hasil uji koefisien determinan pada kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif menunjukkan H1 diterima sig.(2-tailed) 0,000 < ɑ = 0,05 artinya ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hasil koefisien korelasi (R2)=(0,7902=0,62) pada kemampuan berpikir kreatif dengan kontribusi model sebesar 62% dan (R2)=(0,6652=0,44) pada sikap kreatif dengan kontribusi model sebesar 44%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif, dan Sikap Kreatif

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 1187 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 03:36
Last Modified: 21 May 2019 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item View Item