PERANAN GURU AL ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

Ahmad Fikri Setiawan, SET (2019) PERANAN GURU AL ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Pascasarjana Magister.

[thumbnail of TESIS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peranan guru Al-Islam sangatlah dibutuhkan dalam pembelajaran disekolah, karenan gurulah yang langsung beertatap muka dan bertemu langsung dengan siswa dalam proses pembelajaran disekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana peranan guru Al-Islam dalam memningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, apa saja faktor pendukung dan penghambat peranan guru Al-Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa SMP Muhammmadiyah 3 Bandar Lampung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Al-Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca AL-Quran yaitu dengan cara mengenalkan Al-Quran kepada siswa, menanamkan rasa cinta Al-Quran pada siswa, ciptakan suasana pembelajaran yang inovatif, menjadi motivator bagi siswa, memberikan evaluasi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Dan tujuan berikutnya untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian kepada peranan guru Al-Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Mendapatkan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran Al Quran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 14 May 2019 05:12
Last Modified: 14 May 2019 05:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item View Item