Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD/MI di Bandarlampung

Nurul, Hidayah (2019) Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD/MI di Bandarlampung. TERAMPIL, 06 (01). ISSN p-2355-1925, e-2580-8915 (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK.docx] HTML
Download (19kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter pada di SD Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung; 2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter di kelas V SD Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung; 3) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung; dan 4) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam teks bacaan (cerita pendek) buku Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih, yaitu di SDN 4 Kotakarang Bandarlampung. Teknik pengumpulan data di antaranya observasi partisipasi, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Analisis data penelitian antara lain analisis dokumen hasil wawancara dan observasi. Selain itu, analisis kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa yang terdapat dalam buku teks pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di SDN 4 Kotakarang Bandarlampung mencakup dua tahap, yaitu perencanaan dan pelaksanaan; 2) faktor penghambat, di antaranya: sarana dan prasarana, siswa, perkembangan teknologi, dan kurikulum yang sesuai; 2) Faktor pendukung meliputi: kerjasama pihak sekolah dengan orang tua, dan optimalisasi pembinaan karakter di sekolah; 3) Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu: perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, dapat diselipkan pada aspek mneyimak, berbicara, menulis, dan membaca. Nilai karakter dapat dipercaya, rasa hormat, tekun, tanggung jawab, berani, dan ketulusan; 4) Terdapat nilai karakter dalam teks bacaaan (cerpen) anak, yaitu: tulus, bersahabat, kreatif, toleransi, kerja keras, komunikatif, dan peduli sosial.. Kata kunci: nilai karakter, bahasa Indonesia, buku teks

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 1187 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:02
Last Modified: 11 Apr 2019 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6298

Actions (login required)

View Item View Item