MATERI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAYSĪR AL-KHALLĀQ FĪ ILMI AL-AKHLĀQ (HĀFIZH HASAN AL-MAS’ŪDI 896 M / 283 H - 956 M / 345 H

Jase, Linggar Satrio (2017) MATERI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAYSĪR AL-KHALLĀQ FĪ ILMI AL-AKHLĀQ (HĀFIZH HASAN AL-MAS’ŪDI 896 M / 283 H - 956 M / 345 H. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_(LINGGAR_SATRIO_JASE_-_131101005_-_PAI_2013).pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhlak sesungguhnya merupakan inti dari segala bentuk ritual ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim. Dewasa ini, akhlak yang menjadi inti utama dari segala ritual ibadah itu sangat jauh tidak nampak sebagaimana mestinya (krisis), misalnya saja banyak pelanggaran-pelanggaran terkait akhlak yang kerap kali kita temui, mulai dari asusila, minimnya kejujuran, hingga komersialisme yang mengarah pada mental konsumtif dan menurunya sifat dermawan seseorang. Mengingat masalah tersebut, timbul sebuah asumsi bahwa kegiatan pendidikan yang ada kaitanya dengan hal itu harus selalu diupayakan guna menanggulangi permasalahan yang amat penting ini. Kegiatan tersebut tentu memerlukan konten ataupun materi yang kontekstual dengan kebutuhan saat ini. Banyak para ahli yang merancang materi dalam mendidikkan akhlak salah satunya adalah Hāfizh Hasan al-Mas’ūdi dengan karyanya Taysīr al-Khallāq ‘Ilmi al-Akhlāq yang juga dapat dijadikan materi dalam kegiatan orientasi ataupun pendidikan akhlak. Dengan wasilah penelitian terhadap kitab ini, penulis berupaya sedikit memberikan kontribusi sederhana terhadap hal akhlak, sehingga dari penelitian ini timbul sebuah bentuk regulasi berupa materi pendidikan akhlak yang dimaksudkan untuk menjadi materi dalam sebuah proses pendidikan akhlak yang mengarah pada pembenahan krisisnya akhlak di negeri ini. Penulis dalam hal ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model library researh (penelitian pustaka), dengan menjadikan kitab Taysīr al-Khallāq fī ‘Ilmi al-Akhlāq sebagai objek pokok kajian dalam penelitian, disertai model analisa deduktif dan induktif yang melibatkan berbagai sumber mengenai akhlak yang menjadi penunjang dari objek penelitian, diharapkan dapat menjawab apa yang menjadi rumusan masalah dan mengemukakan titik relevansi dari penelitian terhadap kitab ini. Berdasarkan kegiatan tersebut, maka didapati sebuah hasil temuan bahwa materi pendidikan akhlak dalam kitab Taysīr al-Khallāq fī ‘Ilmi al-Akhlāq relevan apabila digunakan dalam proses pendidikan akhlak di negeri ini dan pada sisi lain, kitab inipun mengarah pada hubungan sosial manusia yang sangat erat kaitanya dengan akhlak. Walaupun sangat jauh untuk mencapai hal yang signifikan dalam upaya kontributif dalam proses pendidikan akhlak, setidaknya harapan penulis, ada satu orang yang tersadarkan oleh karya ini untuk berusaha berakhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 May 2017 03:15
Last Modified: 15 May 2017 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item