PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMPADA SISWA KELAS VIII SMP N 10 BANDAR LAMPUNG

Reftiyana, Iin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMPADA SISWA KELAS VIII SMP N 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of KOMPLIT.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

ii ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Contectual TeachingAnd Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIIISMP N 10 Bandar Lampung”.Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan perbaikan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam.Dalam proses pembelajaran,materi pembelajaran tdak kontekstual dan respont peserta didik rendah,baik dalam proses ataupun hasil belajarnya.Sebagian guru masih menggunakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang tradisional sehingga membutuhkan perubahan dalam proses pembelajaran.Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan,kebosanan,serta menurunkan motivasi dan hasil belajara peserta didik.Berdasarkan uraian diatas,melalui penelitian ini diharapkan peserta didik mampu berperan sebagai inovator pembelajaran dan peningkatan hasil belajar pesera didik. Penelitian ini meggunakan pendekatan kontekstual melalui penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaburatif,partisipatif,dan reflektif serta pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari peserta didik,pendidik dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam,perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Contectual Teaching And Learning (Ctl).penelitian ini dilakukan di SMP N 10 Bandar Lampung dengan menggunakan 2 Siklus.Dan setiap siklusnya mempunyai tahapan : perencanaan,pelaksanaan,pengamaan/observasi dan refleksi.dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara,test dan dokumentasi.Pada siklus I peserta didik belum terbiasa dengan kondisi belajar ini,sehingga dilakukan tindakan penjelasan kepada peserta didik tentang langkah-langkah model pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL).Di sisi lain pendidik sebagai fasilitator dalam PTK ini juga belum maksimak dalam mengimplementasikan model pembelajaran tersebut.Dalam siklus II pendidik dan peserta didik sudah mulai memahami model pembelajaran Contectal Teaching and Learning (CTL) serta menunjukan hasil yang maksimal dilhat dari hasil belajar peserta didik yang terus mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Hal ini dapat dilihat dari setiap hasil belajar peserta didik pada siklus I peserta didik yang tuntas adalah 57,57 % dan 42,42 peserta didik yang belum tuntas,sedangkan peserta didik yang tuntas pada siklus II adalah 78,78 % meningkat 51,51 % dan peserta didik yang belum tuntas 21,21 % menurun 57,57 %.Dari hal pelaksanaan PTK diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contactual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP N 10 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 May 2017 02:23
Last Modified: 04 May 2017 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item