Frendianto, Wahyu (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VB MIN 1 LAMPUNG UTARA T.P. 2016 - 2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bermula dilatar belakangi masalah adanya guru dalam menyampaikan pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat menyebabkan hasil belajar siswa masih kurang dari nilai KKM. Oleh karena itu, pada penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VB MIN 1 Lampung Utara T.P. 2016-2017. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi kepada guru untuk menggunakan model yang bervariasi khususnya Numbered Head Together (NHT) dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VB MIN 1 Lampung Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi kepada guru untuk menggunakan model yang bervariasi khususnya Numbered Head Together (NHT) dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VB MIN 1 Lampung Utara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi pra survey yang tuntas 11 peserta didik (36,67%) dengan dilanjutkan siklus I yang tuntas 20 peserta didik (66,66%) dan pada siklus II yang tuntas 29 peserta didik (96,66%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb MIN 1 Lampung Utara. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada sisiwa kelas VB MIN 1 Lampung Utara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 07:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 07:26 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |