PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) BAGI PESERTA DIDIK KELAS 5 SD NEGERI 2 KEMBAHANG KECAMATAN BATU BRAK KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

A P R I L I A (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) BAGI PESERTA DIDIK KELAS 5 SD NEGERI 2 KEMBAHANG KECAMATAN BATU BRAK KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_burning.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 5 dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN 2 Kembahang Tahun Pelajaran 2016/2017, pada penilaian prasurvey dari 26 peserta didik terdapat 14 (53,8%) peserta didik yang tidak tuntas dan hanya 12 peserta didik (46,2%) yang tuntas. Hal ini dikarenakan selama ini guru hanya menerapkan metode ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka dapat di simpulkan rumusan masalah sebagai berikut : “Apakah metode group to group exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Kembahang Kecamatan Batu Brak Lampung Barat Tahun Pelajaran 2016/2017". Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kembahang Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan metode Group to Group Exchange (GGE) bagi peserta didik kelas V SDN 2 Kembahang Batu Brak Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode GGE dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari Pra siklus menunjukkan bahwa dari 26 peserta didik terdapat terdapat 14 (53,8%) peserta didik yang tidak tuntas dan hanya 12 peserta didik (46,2%) yang tuntas. Selanjutnya pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 17 (65,4%) peserta didik yang tuntas dan 9 (34,6) peserta didik yang tidak tuntas. Kemudian pada siklus II ketuntasan siswa mengalami peningkatan menjadi 21 (80,7%) peserta didik yang tuntas dan 5 (19,3%) peserta didik yang tidak tuntas Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode Group to Group Exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS SD Negeri 2 Kembahang Batu Brak Kabupaten Lampung Barat TahunPelajaran 2016/2017 dalam penelitian ini yaitu dengan cara melibatkan siswa secara aktif untuk mempelajari materi atau topik yang berbeda-beda dan presentasi serta tanya jawab dengan siswa lain. Kata kunci: Hasil belajar, metode group to group exchange

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 May 2017 06:23
Last Modified: 30 May 2017 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item