MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Afifah , Annisatul (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_AFIFAH_fix.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran PAI di SMA N 1 Tegineneng strategi yang masih sering di gunakan guru adalah strategi konvensional, yang kegiatan proses belajar mengajarnya didominasi oleh guru. Guru hanya memberikan catatan kemudian menjelaskan dan memberikan tugas sehingga peserta didik merasa mengantuk, jenuh dan bosan. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar PAI peserta didik kelas X di SMA N 1 Tegineneng masih rendah. Hal ini dapat di lihat dari nilai rata-rata ulangan harian peserta didik yang tuntas belajar, yaitu yang mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan 75 hanya 7 peserta didik dari 25 peserta didik dengan presentase 28% peserta didik yang mendapat nilai tuntas. Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah, dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI. sehingga hasil belajar PAI pada peserta didik kelas X di SMA N 1 Tegineneng dapat meningkatat. Dilatar belakangi oleh masalah tersebut, dapat dirumusankan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik kelas X di SMA N 1 Tegineneng Kabupaten Pesawaran”. Adapun hipotesis dalam penelitian ini “Melalui strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik bidang studi PAI kelas X SMA N 1 Tegineneng Kabupaten Pesawaran”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digambarkan dalam bentuk tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam II siklus. Data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes pada setiap siklusnya. Dari hasil analisa yang diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran dalam penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar PAI pada peserta didik kelas X di SMA N 1 Tegineneng mengalami peningkatan, dapat dilihat dari jalannya proses pembelajaran yang meningkat, dimana peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar PAI peserta didik kelas X ini juga mengalami peningkatan dari sebelum model pemebelajaran Card Sort di lakukan. Hanya 7 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 67,8 dan pada siklus I menjadi 17 peserta didik yaitu degan niali rata-rata 75,6, dan siklus II meningkat hingga 20 peserta didik yang tuntas dengan niali rata-rata 84. Berdasarkan hasil analisa terlihat bahwa hasil belajar PAI mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan analisa penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas X di SMA N 1 Tegineneng tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Apr 2017 01:40
Last Modified: 27 Apr 2017 01:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item