PELAKSANAAN PENDEKATAN KONSELING KOGNITIF PERILAKU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG

S, Septinisa (2017) PELAKSANAAN PENDEKATAN KONSELING KOGNITIF PERILAKU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_SEPTIANISA.pdf]
Preview
PDF
Download (896kB) | Preview

Abstract

Perilaku belajar merupakan cara untuk peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Meningkatkan perilaku belajar pada peserta didik sangatlah penting dalam proses belajarnya karena mengingat belajar adalah kunci untuk mencapai masa depan. Dalam proses belajar peserta didik mengalami masalah perilaku belajar negatif dalam belajar, seperti belajar tidak teratur, daya tahan belajar rendah, belajar nanti menjelang ulangan atau ujian, tidak mempunyai catatan yang lengkap, sering menjiplak pekerjaan teman atau tidak percaya diri dalam mengerjakan tugas ,tidak membuat ringkasan materi pelajaran yang memadai, sering datang terlambat ke sekolah, melakukan kegiatan merokok. Jika perilaku belajar negatif ini terjadi maka akan menghambat proses belajar. Hal ini terjadi pada peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 11 Bandar Lampung, bahwa peserta didik kelas VIII I ini mengalami perilaku belajar negatif dalam belajarnya, hal ini diketahui dari catatan guru bimbingan dan konseling maupun guru mata pelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konseling kognitif perilaku dapat meningkatkan perilaku belajar peserta didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terhimpun penulis melakukan analisis data dengan menggunakan metode kualitatif. Untuk menarik kesimpulan dari data yang terkumpul penulis menggunakan teknik triangulasi untuk menggabungkan dan mencocokan dari metode pemngumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat simpulkan bahwa proses layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan perilaku belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 11 Bandar Lampung dengan konseling kognitif perilaku. Setelah dilakukan proses konseling peserta didik FRP, AS, HS, AA, HRS, IA, GH dan RH sudah mengalami perubahan dalam belajarnya, seperti sudah belajar dengan teratur, daya tahan belajar meningkat, belajar tidak hanya menjelang ulangan atau ujian, memiliki catatan lengkap, tidak menjiplak pekerjaan teman dan percaya diri dalam mengerjakan tugas, memiliki ringkasan meteri pelajaran, tidak datang terlambat kesekolah dan tidak melakukan kegiatan merokok. Tetapi, perilaku yang positif dalam belajar ini tidak sepenuhnya berjalan dengan lancar karena peserta didik mempunyai kognitif serta tingkah laku yang belum stabil, maka dari itu perlulah bimbingan secara terus menerus. Kata Kunci: Konseling Kognitif Perilaku, Perilaku Belajar, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:37
Last Modified: 17 Apr 2017 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item