Sari, Dwi Ratna (2017) EFEKTIVITAS ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG T/A 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan emosional adalah kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati, berempati serta kemampuan bekerjasama. Individu yang memiliki kecerdasan emosional mampu dalam mengontrol tindakan yang dilakukannya, menjagadiri, menjalin hubungan dengan orang lain, mempunyai keinginan untuk berkompetisi dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa teknik assertive training efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional yang rendah pada peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dapat ditingkatkan menggunakan teknik assertive training dengan diperoleh df=18 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0.05, makattabel = 2.101 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel, (17,708 ≥2,101). Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik assertive training efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Teknik Assertive Training, Kecerdasan Emosional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:51 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:51 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/575 |
Actions (login required)
View Item |