PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI VERTEBRATA

K, Kurniawati (2017) PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI VERTEBRATA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 2._Skripsi_PDF_Kurnia.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang menekankan pada penumbuhan dan pengembangan sejumlah keterampilan tertentu pada diri siswa sehingga mampu memproses informasi untuk memperoleh fakta maupun konsep. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa Keterampilan Proses Sains siswa belum dikembangkan karena kurangnya pemahaman guru terkait bahasa Keterampilan Proses Sains. Salah satu alternatif yang mampu mengembangkan Keterampilan Proses Sains adalah dengan kegiatan praktikum. Namun pelaksanaan praktikum kurang intensif, terhambat alat dan bahan, serta belum memperhatikan keselamatan kerja siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut diperlukannya Praktikum Virtual yang dijadikan sebagai alternatif pengganti praktikum ril. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Weak Experiment dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Kalirejo, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas (Cluster Random Sampling), kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 dan 3 sebagai kelas replikasi yang berfungsi untuk memperkuat hasil penelitian. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi KPS dan tes keterampilan proses sains berupa soal uraian. Pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Dari hasil analisis diketahui bahwa seluruh kelas X MIA memperoleh nilai Thitung > Ttabel yaitu 4.5072 > 1.694 (X MIA 1), 7.5387 > 1.694 (X MIA 2) dan 7.8616 > 1.694 (X MIA 3) sehingga H0 ditolak, dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Pembelajaran dengan menggunakan praktikum virtual berpengaruh lebih baik terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi vertebrata dibandingkan pembelajaran secara konvensional. (2) Terdapat peningkatan nilai rata-rata sebelum diterapkannya praktikum virtual (pretest) dan setelah diterapkannya praktikum virtual (posttest). Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Praktikum Virtual, Vertebrata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:53
Last Modified: 17 Apr 2017 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item