PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN AKSARA LAMPUNG KELAS V MIN 9 BANDAR LAMPUNG

Liyana, L (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN AKSARA LAMPUNG KELAS V MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LIAYANA QUARTO.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berbantuan media flip chart terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran Aksara Lampung kelas V MIN 9 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi berjumlah 77 peserta didik yang berasal dari kelas VA berjumlah 27 peserta didik, kelas VB berjumlah 28 peserta didik, dan kelas VC berjumlah 22 peserta didik. Sampel berjumlah 55 peserta didik yang berasal dari kelas VA dan VB. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media flip chart dan VB sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa tes objektif yang berbentuk pilihan ganda multiple choice dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian instrumen tes diuji coba pada kelas V SDN 3 Labuhan Dalam dan dihitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasayarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji nomalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji hipotesis diperoleh Thitung = 2,432 sedangkan pada taraf signifikansi 5% diperoleh Ttabel = 2,007 artinya Thitung > Ttabel, maka dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media flip chart terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran aksara Lampung di kelas V di MIN 9 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Jan 2019 02:55
Last Modified: 23 Jan 2019 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

View Item View Item