IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII A DI MTs DARUL ULUM DESA TALANG WAY SULAN KECAMATAN WAY SULAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN T.A 2018/2019

Laraswati, Desi (2019) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII A DI MTs DARUL ULUM DESA TALANG WAY SULAN KECAMATAN WAY SULAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DESI LARASATI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbicara tentang peningkatan minat dan hasil belajar siswa melalui metode cooperative script. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII A pada pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Ulum Desa Talang Way Sulan Kec. Way Sulan Kab. Lam-Sel melalui implementasi metode cooperative script dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A pada pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Ulum Desa Talang Way Sulan Kec. Way Sulan Kab. Lam-Sel melalui implementasi metode cooperative script. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alat pengumpul data observasi, tes wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Darul Ulum yang berjumlah 18 peserta didik. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase, dengan keterangan minat pada Siklus I,siswa yang mencapai indikator minat 3-4 sebesar 44% menjadi 78%. Kemudian setelah dilakukan Siklus II dari 78% meningkat menjadi 100 %. Kemudian Hasil Belajar pada siklus I diperoleh hasil dengan keterangan dari 18 siswa yang memperoleh nilai dengan kategori tuntas sebanyak 10 siswa sedangkan siswa yang memperoleh nilai dengan kategori belum tuntas sebanyak 8 siswa sehingga keberhasilan dalam penelitian pada siklus I sebesar 55%. Kemudian pada siklus II, diperoleh persentase keberhasilan dalam penelitian pada siklus II sebesar 94%, sedangkan indikator keberhasin hasil belajar dalam penelitian ini sebesar 88%. Dan dari keterangan hasil penelitian minat dan hasil belajar berhasil mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian ini maka dapat dinyatakan bahwa implementasi metode cooperative script dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak kelas VIII A di MTs Darul Ulum Desa Talang Way Sulan Kec. Way Sulan Kab. Lam- Sel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Jan 2019 02:42
Last Modified: 23 Jan 2019 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item View Item