PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH Di MTs AL-BAROKAH SEMENDO DARAT LAUT MUARA ENIM SUMATERA SELATAN

Husen, Sadam (2017) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH Di MTs AL-BAROKAH SEMENDO DARAT LAUT MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah berdasarkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran fiqih,salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang belum berjalan dengan baik, maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapakan strategi active knowledge sharing dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Secara umum penerapan strategi active knowledge sharing bertujuan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas dapat merangsang aktivitas, inovasi dan kretivitas belajar peserta didik serta dilaksanakan dengan efektif dan menyenangkan, sehingga diharapkan hasil dari prestasi peserta didik berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Barokah Semendo Darat Laut Muara Enim SUM-SEL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan III siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam menganalisa data yang diperoleh untuk penelitian tindakan kelas secara umum dianalisis melalui deskriftif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yang bemacam macam dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya penuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data utamanya adalah metode dokumentasi dan metode tes. Sedang metode pendukung adalah metode observasi dan metode interview. Tujuan didalam penelitian ini penulis berupaya memaksimalkan strategi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Al-Barokah Smendo Darat Laut agar mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65.0. Didalam penelitian ini penulis memakai tiga silus dan agar mencapai KKM yaitu persentase kelulusan adalah 86.1%. maka penulis memutuskan tidak untuk melakukan siklus selanjutnya. Kesimpulan penelitian adalah penerapan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Barokah Semendo Darat Laut Muara Enim SUM-SEL, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra yaitu 60 dengan ketuntasan belajar 44%. Pada siklus I diperoleh nilai rata rata 65 yaitu dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus II diperoleh nilai rata rata 66 dengan ketuntasan belajar72.2%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata rata 78.6 dengan ketuntasan belajar 86.1% . Sehingga dapat Latar belakang masalah berdasarkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran fiqih,salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang belum berjalan dengan baik, maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapakan strategi active knowledge sharing dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Secara umum penerapan strategi active knowledge sharing bertujuan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas dapat merangsang aktivitas, inovasi dan kretivitas belajar peserta didik serta dilaksanakan dengan efektif dan menyenangkan, sehingga diharapkan hasil dari prestasi peserta didik berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Barokah Semendo Darat Laut Muara Enim SUM-SEL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan III siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam menganalisa data yang diperoleh untuk penelitian tindakan kelas secara umum dianalisis melalui deskriftif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yang bemacam macam dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya penuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data utamanya adalah metode dokumentasi dan metode tes. Sedang metode pendukung adalah metode observasi dan metode interview. Tujuan didalam penelitian ini penulis berupaya memaksimalkan strategi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Al-Barokah Smendo Darat Laut agar mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65.0. Didalam penelitian ini penulis memakai tiga silus dan agar mencapai KKM yaitu persentase kelulusan adalah 86.1%. maka penulis memutuskan tidak untuk melakukan siklus selanjutnya. Kesimpulan penelitian adalah penerapan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Barokah Semendo Darat Laut Muara Enim SUM-SEL, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra yaitu 60 dengan ketuntasan belajar 44%. Pada siklus I diperoleh nilai rata rata 65 yaitu dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus II diperoleh nilai rata rata 66 dengan ketuntasan belajar72.2%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata rata 78.6 dengan ketuntasan belajar 86.1% . Sehingga dapatLatar belakang masalah berdasarkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran fiqih,salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang belum berjalan dengan baik, maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapakan strategi active knowledge sharing dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Secara umum penerapan strategi active knowledge sharing bertujuan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas dapat merangsang aktivitas, inovasi dan kretivitas belajar peserta didik serta dilaksanakan dengan efektif dan menyenangkan, sehingga diharapkan hasil dari prestasi peserta didik berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Barokah Semendo Darat Laut Muara Enim SUM-SEL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan III siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam menganalisa data yang diperoleh untuk penelitian tindakan kelas secara umum dianalisis melalui deskriftif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yang bemacam macam dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya penuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data utamanya adalah metode dokumentasi dan metode tes. Sedang metode pendukung adalah metode observasi dan metode interview. Tujuan didalam penelitian ini penulis berupaya memaksimalkan strategi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Al-Barokah Smendo Darat Laut agar mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65.0. Didalam penelitian ini penulis memakai tiga silus dan agar mencapai KKM yaitu persentase kelulusan adalah 86.1%. maka penulis memutuskan tidak untuk melakukan siklus selanjutnya. Kesimpulan penelitian adalah penerapan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Barokah Semendo Darat Laut Muara Enim SUM-SEL, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra yaitu 60 dengan ketuntasan belajar 44%. Pada siklus I diperoleh nilai rata rata 65 yaitu dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus II diperoleh nilai rata rata 66 dengan ketuntasan belajar72.2%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata rata 78.6 dengan ketuntasan belajar 86.1% . Sehingga dapatdisimpulkan bahwa terjadi peningkatan dari hasil belajar Fiqih pesertra didik kelas VII di MTs Al-Barokah Semendo Darat Laut Muara Enim SUM-SEL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:45
Last Modified: 11 Apr 2017 01:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item