PENGARUH METODE PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Anjani, Retno (2017) PENGARUH METODE PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah yang terjadi dilapangan ialah Sikap Ilmiah di SMA Negeri 6 Bandar Lampung dalam kategori cukup, dikarenakan kegiatan praktikum jarang dilaksanakan. Hal tersebut disebabkan keterbatasan alat dan bahan serta waktu dalam jam pelajaran sehingga kegiatan praktikum ditiadakan dan guru belum pernah menerapkan pembelajaran praktikum virtual dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode praktikum virtual terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa dan seberapa besar kontribusi metode praktikum virtual terhadap peningkatan sikap ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode weak experiment Design. Desain yang digunakan yaitu The One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari skala sikap, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan tiga kelas, satu kelas sebagai kelas penelitian dan dua kelas lainnya sebagai kelas replikasi untuk memperkuat hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian nilai rata-rata skala sikap awal di kelas penelitian 1 sebesar 2,67 dalam kategori sedang dan nilai rata-rata skala sikap akhir sebesar 3,66 kategori tinggi dengan N-gain 0,74 kategori tinggi. Pada kelas penelitian 2 diperoleh nilai rata-rata skala sikap awal sebesar 2,66 kategori sedang dan nilai rata-rata skala sikap akhir sebesar 3,66 kategori tinggi dengan N-gain 0,75 kategori tinggi, sedangkan pada kelas penelitian 3 diperoleh nilai rata-rata skala sikap awal sebesar 2,60 kategori sedang dan nilai rata-rata skala sikap akhir sebesar 3,62 kategori tinggi dengan N-gain 0,73 kategori tinggi. Uji t paired-samples sikap ilmiah untuk nilai N-Gain diperoleh Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uji korelasi linear kelas penelitian 1 praktikum virtual berkontribusi sebesar 79% terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa, untuk kelas penelitian 2 praktikum virtual berkontribusi sebesar 83% dan untuk kelas penelitian 3 praktikum virtual berkontribusi sebesar 81%. Kesimpulan dari pembahasan diatas bahwa praktikum virtual berpengaruh terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Kata Kunci : Metode Praktikum Virtual, Sikap Ilmiah, Sistem Peredaran Darah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:11
Last Modified: 07 Apr 2017 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item