PENDIDIKAN KARAKTER NABI MUHAMMAD SAW DALAM BUKU SIRAH NABAWIYAH TERJEMAHAN KITAB AR-RAHIQ AL-MAKHTUM KARYA SYEIKH SHAFIYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI

Umri, Opriatun Ning (2017) PENDIDIKAN KARAKTER NABI MUHAMMAD SAW DALAM BUKU SIRAH NABAWIYAH TERJEMAHAN KITAB AR-RAHIQ AL-MAKHTUM KARYA SYEIKH SHAFIYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ALL_BAB_1-V.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Nabi Muhammad SAW merupakan suri teladan yang baik secara keseluruhan. Karakternya dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan karakter yang selama ini kurang mengena. Melalui buku Sirah Nabawiyah, nilai karakter beliau dapat dipelajari dengan memahami perjalanan hidup beliau. Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter Nabi Muhammad SAW dalam buku Sirah Nabawiyah terjemahan dari kitab ar-Rahiq al-Makhtuum, dan bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dengan pendidikan saat ini. Sedangkan tujuannya adalah untuk menentukan nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW melalui telaah buku Sirah Nabawiyah terjemahan dari kitab ar-Rahiq al-Makhtuum. Adapun hasil telaah ini diharapkan bermanfaat secara a) teoritis; yaitu menambah wawasan dan perbendaharaan nilai pendidikan karakter, b) praktis; yaitu meningkatkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad saw serta keridhaan Allah, memperbaiki pola pendidikan karakter yang lebih benar sesuai syari‟at Islam, dan meningkatkan efektifitas pendidikan terhadap kehidupan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka. Jenis pendekatannya adalah deduktif dan metode analisisnya adalah analisis isi. Berdasarkan penelitian/telaah pustaka yang telah dilakukan, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku Sirah Nabawiyah dapat disimpulkan dalam kajian ada 34 nilai karakter, yaitu: religuis, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cintai damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, sabar, adil, ikhlas, amanah, pemberani, malu, rendah hati, konsisten, berwibawa, optimis, sederhana, santun, pemaaf, cerdas, lemah lembut dan murah hati. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sirah Nabawiyah sangat relevan dengan pendidikan saat ini, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu dengan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa, sehingga karakter Nabi Muhammad SAW dapat menjadi pedoman dalam dunia pendidikan saat ini. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Nabi Muhammad SAW, dan Sirah Nabawiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Apr 2017 07:35
Last Modified: 05 Apr 2017 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item